Rabu, 05 Juli 2023

Kuliah Umum “Pengaruh Krisis Iklim Terhadap Ekosistem” | FKIP UMRAH

 

 Gambar 1. Sesi foto bersama

(Tanjungpinang, 3 Juli 2023) – Krisis iklim adalah ancaman serius bagi bumi kita, yang faktanya masih banyak yang berusaha menyangkal hal ini. Seperti yang terjadi belakangan ini yaitu adanya gelombang panas El Nino yang merupakan dampak nyata dari krisis iklim. Gelombang panas El Nino ini menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah Indonesia. Diperkirakan setiap 10 tahun air laut meningkat 3 cm, hal ini dikarenakan dampak dari Krisis Iklim yang semakin terlihat. 

Melihat permasalahan di atas, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi menyelenggarakan kegiatan kuliah umum dengan mengusung tema "Pengaruh Krisis Iklim Terhadap Ekosistem" yang diselenggarakan secara offline di auditorium UMRAH. Kuliah umum ini diisi kata sambutan dari ketua pelaksana Dhea, dan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pendidikan biologi Manja Nurani. Kegiatan kuliah umum ini dibuka oleh Ibu Dr. Hj. Nevrita, M.Pd., M.Si  selaku Ketua Program Studi Pendidikan Biologi. Dalam pembukaan nya beliau mengungkapkan “ ibu apresiasi kegiatan kuliah umum ini,ibu harap dengan kuliah umum ini mahasiswa bisa lebih peka dan sadar melihat dampak nyata dari krisis iklim ini” 

Gambar 2. Pembukaan acara Kuliah Umum oleh KAPRODI Pendidikan Biologi

Adapun narasumber pada kuliah umum ini adalah Ibu Mutiara Shidra Pohan, S.Pd., M.Si. selaku pemateri pertama sekaligus Dosen Ekologi, Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi & Fisiologi Tumbuhan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH. Tidak hanya itu, peserta kuliah umum ini dihadiri oleh setiap perwakilan Hima Se-UMRAH dan anggota setiap kelas Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMRAH.


Gambar 3. Pemaparan materi oleh Ibu Mutiara Shidra Pohan, S.Pd., M.Si.

Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Ibu Mutiara Shidra Pohan  sebagai narasumber di antaranya:

1.   Krisis iklim adalah ancaman serius yang mengancam bumi kita.

2.   Dampak krisis iklim itu nyata

3.   Untuk mengatasi krisis iklim,perlu dilakukan tindakan keberlanjutan yang membutuhkan kerjasama global.

Ketiga hal tersebut dapat membuat seseorang menjadi lebih paham dan lebih menyadari dampak nyata dari suatu krisis iklim terhadap ekosistem. Permasalahan umum yang membuat krisis iklim tidak lain adalah karena manusia itu sendiri, untuk mencegah sekaligus menjaga, maka ubah kebiasaan buruk demi bumi kita bersama. Ibu Mutiara juga berkata "Untuk menjaga bumi perlu adanya kerjasama dengan manusia secara global". Akhir presentasi kuliah umum ibu Mutiara Sidra Pohan bertanya "Apakah kita siap?", dengan penuh semangat peserta kuliah umum menjawab "Siap" menggema didalam ruang auditorium Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Kuliah umum ini berlangsung dari pukul 10.30 WIB – 12. 00 WIB. Kuliah umum ini berjalan dengan lancar yang dibuktikan dengan interaktifnya interaksi antara narasumber dan partisipan. Mengingat pentingnya informasi kuliah umum ini, untuk itu Kegiatan kuliah umum ini juga ditampilkan melalui siaran langsung di instagram resmi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi agar mahasiswa, dan khalayak umum dari jauh bisa mendapatkan informasi terkait materi kuliah umum dan mengetahui pentingnya menjaga bumi sejak dini dan memulai dari diri sendiri. Di akhir pemaparan materi dilakukan sesi diskusi antara narasumber dan partispan.

 

Sumber dokumentasi: Pribadi

Penulis: Nina Irawan (Angkatan 2022)

Editor: Ibnu Bimo Wahyu Fatullah (Angkatan 2021)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar