Kamis, 20 Juli 2023

Trend Ecoenzyme: Langkah Awal untuk Menyelesaikan Masalah Limbah #BiTudy

Gambar 1. Foto bersama dalam penuangan Ecoenzyme

Halo sobat biologi! Kali ini KSB akan mengulas tentang ECOENZYME, apa sih itu? Yuk Simak tulisan ini untuk menambah wawasanmu!

Seperti yang kita tahu, manusia sangat akrab dengan aktivitas rumah tangga, seperti memasak, mencuci hingga mandi. Meskipun terlihat sepele ternyata tanpa kita sadari aktivitas tersebut menghasilkan limbah yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan, misalnya isu penurunan kualitas air. Hal ini didukung dengan kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan sehingga pengolahan limbah rumah tangga menjadi kurang diperhatikan.

Sobat biologi pastinya pernah memasak sayur atau memakan buah-buahan, kan? Sisa-sisa makanan, buah dan sayur biasanya akan kita buang ke tong sampah tanpa dipilah terlebih dahulu. Limbah yang disebutkan tadi merupakan limbah rumah tangga organik yang ternyata bisa kita olah, lho. Salah satu metode pengolahan limbah organic yang tengah marak dilakukan adalah dengan membuat ecoenzyme. 

Apa sih sebenarnya ecoenzyme itu?

Ecoenzyme adalah cairan serbaguna yang dihasilkan melalui proses fermentasi limbah organik seperti kulit buah dan sisa sayuran yang dicampurkan dengan gula dan air. Cairan ini akan menghasilkan enzim yang memiliki banyak manfaat misalnya sebagai growth factor pada tanaman, sebagai campuran bahan pembersih lantai, dan sebagai penjernih air. (Septiani et al., 2021) 

Banyak banget kan manfaatnya Sobat biologi? Oleh karena itu tentu perlu adanya kegiatan edukasi dan pelatihan tentang cara pembuatan ecoenzyme kepada masyarakat. Banyak sekali komunitas ecoenzyme yang sudah bergerak untuk mengenalkan ecoenzyme kepada masyarakat. Misalnya melalui kegiatan pelatihan pembuatan ecoenzyme dan proses penyiraman ecoenzyme yang dilakukan secara serentak. 

Beberapa waktu yang lalu, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Komunitas Ecoenzyme Tanjungpinang bersama tim dosen dan mahasiswa UMRAH telah berhasil melaksanakan kegiatan penuangan ecoenzyme di sungai-sungai yang ada di Tanjungpinang. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak dan diikuti oleh 22 kampus di Indonesia, rame banget kan? Nah, Kami dari divisi KSB mewakili Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi juga berkesempatan mengikuti kegiatan penuangan ecoenzyme yang tepatnya dilaksanakan di sungai terminal Bincen.

Wah, kelihatannya seru kan sobat biologi? Melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat akan terdorong untuk mengolah sampah organik menjadi ecoenzyme, sehingga kita dapat memulai gerakan awal untuk mengurangi permasalahan dalam mengolah sampah. Lebih luasnya kami berharap kegiatan ini dapat menimbulkan sikap sadar akan pentingnya menjaga lingkungan di kalangan masyarakat. Gimana nih sobat biologi? Apakah kamu tertarik untuk membuat ecoenzyme sendiri? Kalau kamu tertarik jangan lupa untuk posting hasilnya di sosial media dan tag akun sosial media HIMBIO ya!

Gambar 2. Foto bersama penuangan Ecoenzyme


Sampai jumpa di Bitudy selanjutnya!


Referensi:

Septiani et al. (2021). Eco Enzyme : Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Produk Serbaguna di Yayasan Khazanah Kebajikan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1-7.


Sumber Dokumentasi: Pribadi

Penulis: Ananda Geiskha Isral (Angkatan 2021)

Editor: Ibnu Bimo Wahyu Fatullah (Angkatan 2021)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar