Kamis, 31 Agustus 2023

Manfaat Ratusan Spektrum Jingga di Kebun Buah Naga

 


Gambar 1. Spektrum Jingga di Kebun Buah Naga
(Sumber: mediatani)

Hai hai sobat biologi, kali ini dari divisi Kajian Sains Biologi (KSB) akan mengulas tentang “cerita dibalik sinar terang lampu kebun buah naga pada malam hari”. Apa sih itu? Yuk mari kita simak tulisan ini untuk menambah wawasanmu.

Apakah kamu termasuk pecinta buah naga? Buah ajaib yang satu ini banyak sekali manfaatnya jika dijadikan sebagai  olahan makanan seperti : jus, es krim, selai, kue dan lain-lain. Dan pastinya jika dimakan langsung tak kalah nikmat bukan.

Untuk hal itulah, sobat biologi perlu mengetahui kenapa buah naga perlu disinari cahaya lampu agar perkembangan dan pertumbuhannya menghasilkan buah yang berkualitas.

Simak sampai habis ya sobb!!

Semua tanaman yang berbuah pasti memiliki bunga. Nah, bunga pada tanaman buah naga ini sangat unik. Karena bunganya merupakan salah satu bunga yang terbesar lho!

Selain ukurannya yang besar, bunga pada tanaman buah naga hanya mekar setahun sekali saja di satu malam, bagi kalian yang memiliki kesempatan untuk melihatnya mekar, maka kalian bisa mencium aroma uniknya yang begitu manis.

Untuk sobat biologi ketahui, Pada buah naga umumnya terdapat 3 jenis nih,  apa sajakah itu:

      Hylocereus megalanthus, Tipe buah naga ini memiliki kulit luar berwarna kuning dan biasanya memiliki ujung yang lebih tajam dibandingkan dengan buah naga lainnya, dengan daging buahnya berwarna putih

      Hylocereus Undatus, varian buah naga satu ini memiliki daging buah berwarna putih dengan kulit luarnya berwarna merah.

   Hylocereus costaricensis, nah varian ini yang sering kita konsumsi dan sangat banyak dijumpai. Warna dagingnya berwarna merah begitu juga kulit luarnya.

Berbeda dengan jenis tanaman kaktus lainnya, pohon buah naga ini, merupakan tipe kaktus yang merambat. Oleh karena itu dia membutuhkan sokongan supaya bisa tumbuh dan berdiri dengan baik. Di habitat liarnya, pohon buah naga tumbuh di area subtropis yang memiliki cuaca panas dan lembab.

Penerangan khusus dengan lampu kuning

Gambar 2. Spektrum Jingga di Kebun Buah Naga
(Sumber: mediatani)

Faktanya lagi nih sob, Pohon buah naga sangat tergantung pada pencahayaan, tentunya cahaya yang baik berasal dari matahari. Namun akan lebih baik jika kita memberikan tambahan penerangan menggunakan lampu khusus yaitu lampu kuning. Lampu buah naga ini dirancang dengan warna kuning agar cahayanya menyerupai spektrum dan frekuensi dari cahaya matahari. Solusi pencahayaan untuk buah naga ini dapat meningkatkan produktifitas buah naga, agar lebih cepat proses tumbuh dan panennya, yang tentu saja bisa menguntungkan bagi si petani bukan!.

Teknologi yang diterapkan kita sebut saja dengan memperpanjang siang hari. Hehe unik yaa! Spectrum cahaya yang dihasilkan menyerupai cahaya matahari, juga dengan adanya panas dari lampu tersebut bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan buah naga, di mana tanaman buah naga tumbuh dengan baik di lingkungan dengan suhu stabil antara 18-25 derajat celcius. Mereka menyinari pohon ini dengan lampu buah naga minimal 12 jam sehari. Ternyata teknologi sederhana yang kita berikan tersebut mampu bekerja secara efektif untuk merangsang pertumbuhan buah naga yang sel-selnya aktif dengan paparan cahaya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sinar tambahahan tersebut sudah dilakukan percobaan dan diteliti selama satu tahun dan hasilnya sangat memuaskan. Wahhh jika semua petani di Indonesia tau dan mampu menerapkan cara ini bisa sangat sangat menguntungkan.
Pembahasan nya cukup sampai di sini dulu ya, semoga sobat biologi bisa memahami apa yang telah di sampaikan dan ada manfaatnya. Bye byee!

 

Referensi:

Lampu LED. (2022, July 6). Retrieved from s-gala.com: https://www.s-gala.com/blog-post/lampu-kuning-buah-naga

Penulis: Sahnan Aliandi (Angkatan 2022)

Editor: Ibnu Bimo Wahyu Fatullah (Angkatan 2021)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar