Senin, 04 September 2023

PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi Tahun 2023



Gambar 1. Sesi foto bersama

(Tanjungpinang, 23 Agustus 2023) - PKKMB (Pengenalan Kehidupan Mahasiswa kampus) adalah program orientasi yang diselenggarakan oleh universitas atau perguruan tinggi di Indonesia untuk menyambut mahasiswa baru. Tujuannya adalah membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan kehidupan kampus, mengenal lingkungan akademik, sosial, dan budaya kampus, serta memberikan informasi penting tentang aturan dan layanan kampus. PKKMB biasanya berlangsung beberapa hari sebelum perkuliahan dimulai dan mencakup berbagai kegiatan, seperti seminar, workshop, kunjungan ke fasilitas kampus, dan acara sosial.

Dengan adanya hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi menyelenggarakan PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi yang bertujuan membantu mahasiswa baru dalam memahami lebih dalam tentang program studi yang pendidikan, menjelaskan persyaratan akademik, memberikan panduan mengenai mata kuliah yang harus diambil, dan memperkenalkan mereka kepada fakultas, dosen, dan rekan-rekan sekelas mereka dalam program studi tersebut. Ini merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan mahasiswa baru untuk pengalaman akademik mereka di perguruan tinggi.


Gambar 2. Perkenalan dosen Pendidikan Biologi 

Adapun narasumber pada PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi ini adalah Ibu Assist. Prof. Dr. Hj. Nevrita,. M.Pd., M.Si. selaku pemateri pertama dalam materi “Perkenalan Kurikulum dan MBKM di Pendidikan Biologi UMRAH” dan merupakan KAPRODI Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.  

 

 

Gambar 3. Pemaparan materi oleh Ibu Assist. Prof. Dr. Hj. Nevrita,. M.Pd., M.Si.


Adapun narasumber kedua & ketiga pada PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi adalah Ibnu Bimo Wahyu Fatullah dari divisi Kominfo dan Aqila Zahirah dari divisi Kesekretariatan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Selaku pemateri kedua dalam materi “Pengenalan SIPA 2023 & Istilah - Istilah di dalam Perkuliahan”.



Gambar 4. Pemaparan materi oleh Ibnu Bimo Wahyu Fatullah dari divisi Kominfo

Materi yang dipaparkan tersebut mengacu tentang bagaimana cara membuka SIPA 2023 dan simulasi mengenai penggunaan SIPA dalam penginputan mata kuliah untuk mahasiswa baru Pendidikan Biologi FKIP UMRAH.

Gambar 5. Pemaparan materi oleh Aqila Zahirah dari divisi kesekretariatan

Materi yang dipaparkan tersebut mengacu tentang perkenalan tentang istilah-istilah di dalam dunia perkuliahan untuk mahasiswa baru Pendidikan Biologi FKIP UMRAH.

Kemudian narasumber keempat pada PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi ini adalah Keysa Puspita Sari dari divisi Kaderisasi. Materi yang dipaparkan adalah mengenai “Perkenalan Sarana & Prasarana di Kampus UMRAH”


Gambar 6. Pemaparan materi oleh Keysa Puspita Sari dari divisi Kaderisasi

Materi yang dipaparkan tersebut mengacu tentang Perkenalan Sarana & Prasarana di Kampus UMRAH melalui video yang didokumentasi oleh tim Kominfo.

Adapun narasumber kelima & keenam pada PKKMB Prodi Pendidikan Biologi ini adalah Rasmini dari divisi Kaderisasi dan Sahnan Aliandi dari divisi Kajian Sains Biologi (KSB) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Materi yang dipaparkan adalah mengenai “Perkenalan Beasiswa KIP & Baznas”.


 


Gambar 7. Pemaparan materi oleh Rasmini dari divisi Kaderisasi 

Materi yang dipaparkan tersebut mengacu tentang hal yang berkaitan dengan beasiswa KIP Kuliah, yakni mencakup tentang pengertian KIP Kuliah secara umum dan UDD, tujuan dari KIP Kuliah, prioritas penerima KIP Kuliah, persyaratan penerima KIP Kuliah, keunggulan KIP Kuliah serta hak dan kewajiban KIP Kuliah. 


Gambar 8. Pemaparan materi oleh Sahnan Aliandi dari divisi KSB

Materi yang dipaparkan tersebut mengacu tentang hal yang berkaitan dengan Beasiswa Baznas dan Beasiswa Genbi, yakni mencangkup tentang pengertian beasiswa baznas dan beasiswa genbi serta syarat pendaftaran & kelengkapan berkas.

Adapun narasumber ketujuh pada PKKMB Prodi Pendidikan Biologi ini adalah Aditya Putra dari divisi Sumber Daya Mahasiwa (SDM) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Materi yang dipaparkan adalah mengenai “Tata Cara Berkomunikasi dengan Dosen & Etika Berpenampilan”



Gambar 9. Pemaparan materi oleh Aditya Putra dari divisi SDM

Materi yang dipaparkan tersebut mengacu tentang bagaimana cara berkomunikasi dengan Dosen baik secara langsung maupun via online. Serta etika berpenampilan baik laki laki maupun perempuan. 

Kemudian narasumber kedelapan pada pkkmb Prodi Pendidikan Biologi ini adalah Ramean Chrisnawaty Nainggolan dari divisi Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Materi yang dipaparkan adalah mengenai “Pentingnya Berorganisasi”.



Gambar 10. Pemaparan materi oleh Ramean Chrisnawaty Nainggolan dari divisi Kaderisasi


Materi yang dipaparkan tersebut menjelaskan tentang bagaimana pentingnya organisasi untuk mahasiswa. 

Adapun narasumber pada PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi selanjutnya adalah Ibu Mutiara Shidra Pohan, S.Pd., M.Si. selaku pemateri kesembilan dalam materi “Format & Tata Cara Penulisan Makalah Presentasi di Perkuliahan” dan merupakan Dosen Luar Biasa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji.  



Gambar 11. Pemaparan materi oleh Ibu Mutiara Shidra Pohan, S.Pd., M.Si.

Materi yang disampaikan tersebut mengacu tentang Format dan Tata Cara Pembuatan Makalah Presentasi di Perkuliahan. Dalam pembuatan makalah ada tata cara serta format yang harus diperhatikan. 


Kemudian narasumber kesepuluh pada PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi ini adalah Reni Putri Octaviana selaku Bendahara Umum Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Materi yang dipaparkan adalah mengenai “Perkenalan HIMBIO (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi UMRAH) & Agenda HIMBIO”



Gambar 12. Pemaparan materi oleh Reni Putri Octaviana selaku Bendahara Umum

Materi yang dipaparkan tersebut menjelaskan tentang perkenalan HIMBIO FKIP UMRAH, bentuk kegiatan yang telah dilaksanan HIMBIO, perkenalan pembina & mahsiswa yang masuk kedalam organisasi HIMBIO serta perkenalan bentuk sosial media HIMBIO FKIP UMRAH.

Kemudian dilaksanakan PKKMB Program StudI Pendidikan Biologi hari kedua. Kegiatan ini meliputi kegiatan main makan bersama antar mahasiswa baru Pendidikan Biologi FKIP UMRAH dan semua HIMBIO serta main games. Hal ini dilakukan untuk membangun hubungan silahturahmi. Games dapat membantu mahasiswa baru dan panitia PKKMB untuk berinteraksi, berkenalan, dan membangun hubungan sosial yang positif. Ini membantu mahasiswa baru merasa lebih nyaman di lingkungan kampus yang baru. 


Memupuk kerja tim, games yang melibatkan kerja tim dapat membantu mahasiswa baru belajar bekerja sama, berkolaborasi, dan memecahkan masalah bersama. Ini adalah keterampilan penting yang akan mereka butuhkan selama masa studi mereka. 


Menghibur dan membuat kenangan, yang tidak kalah pentingnya, games dan acara makan bersama pada PKKMB juga dirancang untuk menghibur mahasiswa baru dan HIMBIO serta menciptakan kenangan positif selama orientasi. Ini dapat membantu memperkuat ikatan emosional mereka dengan kampus dan sesama mahasiswa.

PKKMB Prodi Pendidikan Biologi ini berlangsung 2 hari, hari pertama berlangsung pada hari rabu, 23 Agustus 2023 dari pukul 09.30 – 14.00 & hari kedua pada hari Kamis dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. PKKMB Prodi pendidikan Biologi FKIP UMRAH berjalan dengan lancar yang dibuktikan dengan tingkat partisipasi mahasiswa baru dalam PKKMB Prodi Pendidikan Biologi UMRAH. Hampir semua mahasiswa baru yang mengikuti program ini, sehingga semakin besar dampaknya dalam membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya dilingkungan Prodi Pendidikan Biologi Umrah. Kemudian kualitas hubungan sosial yang dibangun oleh antar mahasiswa baru dan HIMBIO selama PKKMB dapat diukur melalui berbagai cara, termasuk pertemanan yang terjalin, partisipasi dalam kelompok studi, dan dukungan sosial yang mereka terima dari sesama mahasiswa baru. Bentuk kepuasan mereka yang dilihat dengan antusiasnya mereka membuat surat untuk menyuarakan pesan dan kesan dalam mengikuti PKKMB Prodi Pendidikan Biologi. 


Gambar 13. Games

PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi ini berlangsung 2 hari, hari pertama berlangsung pada hari Rabu, 23 Agustus 2023 dari pukul 09.30 – 14.00 & hari kedua pada hari Kamis dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMRAH berjalan dengan lancar yang dibuktikan dengan tingkat partisipasi mahasiswa baru dalam PKKMB Program Studi Pendidikan Biologi UMRAH. 

Hampir semua mahasiswa baru yang mengikuti program ini, sehingga semakin besar dampaknya dalam membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya dilingkungan Prodi Pendidikan Biologi Umrah. Kemudian kualitas hubungan sosial yang dibangun oleh antar mahasiswa baru dan HIMBIO selama PKKMB dapat diukur melalui berbagai cara, termasuk pertemanan yang terjalin, partisipasi dalam kelompok studi, dan dukungan sosial yang mereka terima dari sesama mahasiswa baru. Bentuk kepuasan mereka yang dilihat dengan antusiasnya mereka membuat surat untuk menyuarakan pesan dan kesan dalam mengikuti PKKMB Prodi Pendidikan Biologi. 


Gambar 14. Sesi foto bersama

Sumber Dokumentasi: Pribadi

Penulis: Rasmini (Angkatan 2022)

Editor: Ibnu Bimo Wahyu Fatullah (Angkatan 2021)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar